Minggu, 20 Maret 2016

Pelantikan Pramuka Penggalang SMP Labschool Jakarta 2016

Pukul jam 06.30 kita dikumpulkan di hallma untuk pengarahan.Di dalam pengarahan kita di arahkan tronton berapa yang akan kita naiki.Disini kita memakai perlengkapan Pramuka dengan lengkap.Contohnya kacu dengan ring warna merah penanda bahwa kita tingkatan penggalang,topi untuk perempuan dan baret untuk laki-laki, tanda WOSM, tanda pelantikan,tanda regu, tanda nama,tanda kwartir daerah serta tongkat di cat merah kuning dan tali kuur.Regu boungenville mendapat tronton 5, selesai apel pembukaan kita langsung ke tronton untuk berangkat ke studio alam tvri.
Setelah sampai di studio alam tvri ketua regu di kumpulkan untuk diberi arahan tentang games yang akan segera dilakukan dan peraturan-peraturanya.Setelah diberi arahan kita diberi kertas soal sebagai awal dimulainya games.setelah mengerjakan soal yang sudah diberi kita dipersilahakan ke pos 1.Soal yang diberi berisi tentang dasar-dasar pengetahuan calon-calon penggalang ramu.Disini kita boleh liat buku panduan.
Pos 1 dimana kita ditanyakan tentang dasadarma dan tri satya.Di sini kelompok saya ditanyakan dengan secara acak.Selain ditanyakan tentang dasadarma kita ditanyakan tentang penera[ppan dasadarma dan trisatya dalam kehidupan sehari-hari.Untuk tidak tersesat kita harus mengikuti arah kepala ikan yang ditempel di tiang atau batang pohon.
Pos 2 kita di tanyakan tentang pegetahuan semapur kita dimana kita harus menebak kata yang di buat oleh semapur.Disini kita membawa semapur sendiri di rumah kita juga di tes tentang pengetahuan semapur kita.Selain itu regu yang paling cepat untuk menjawab pertanyaan.
Pos 3 dimana kita melakukan pioneering dan melakukan berbagai macam simpul.Disini kita juga membuat tandu.Disini memang agak rumit karena tandu nya tidak boleh terlalu kecil maupun terlalu besar.dan kita harus membawa salah satu anggota di tandu ke pos 4.
Pos 4 dimana kita membawa tandu dan melewati rintangan.Rintangan tersebut berbeda-beda dari regu yang lain.Regu Boungenville mendapat rintangan yaitu dada sebelah kiri dibalut dan kita melewati rintangan sambil mengangkat tandu tanpa mengenai tanah.Disini memang yang tersulit tapi disini juga yang terasik.
Setelah kita melakukan tes di pos 1, pos 2, pos 3,dan pos 4 kita tes pbb tongkat dimana kita melakukan hormat ke bendera,ke orang lain dengan menggunakan tongkat.Disini ka tris yang menguji hormat kepada bendera ,istirahat di tempat, dan hormat kepada orang tak lupa juga posisi siap.Setelah melakukan pos kita diberi soal tentang morse kita mengerjakan soal tersebut jika kita tidak bisa mengerjakan maka kita tidak akan dilantik sebagai penggalang ramu Pramuka.Soal tersebut memang rumit.
Setelah selesai semua kegiatan, kami diperbolehkan untuk sholat dzuhur dan makan siang sesuai dengan regu masing-masing. Setiap regu menggelar tikarnya masing-masing. Lalu, setelah waktu makan siang telah selesai, kita melakukan gladi resik upacara pelantikan pramuka. Dimulai dengan sambutan, penyematan nomor gugus depan dan penutupan. Setelah gladi resik selesai, upacara pelantikan pun dimulai. Upacara berlangsung sekitar 30 menit. Upacara pelantikan pun selesai. Setelah upacara pelantikan telah dilaksanakan ada sedikit penampilan dari tim semapur yang menang juara 2 di lomba se Jakarta timur di global sevilla.Setelah penampilan semapur selesai kita melakukan apel penutupan dan kembali ke tronton.Di tronton kami bergurau dan bercanda serta makan-makan snackj yang masih ada adapula yang tertidur kareena lelah atau capek ada juga yang menelfon orang tua untuk memberi kabar atau sekdar memberitahu untuk menjemput di SMP Labschool Jakarta.Setelah sampai kita langsung pulang kerumah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar